Sabtu, 10 Agustus 2013

yukk mengintip renovasi Masjidil Haram

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di tread ane gann
Saat ini sedang dilakukan renovasi Masjidil Haram, renovasi ini merombak 1/5 bagian dari masjidil haram. dan karena adanya renovasi ini, maka kuota jama'ah haji untuk tahun 2013 pada tiap-tiap negara dipotong menjadi 20%, termasuk Indonesia yang memiliki jama'ah haji terbanyak. Pemotongan kuota haji ini tentu saja demi kenyamanan dan keselamatan jama'ah haji sendiri, bayangkan saja karena kondisi Masjidil Haram yang sedang direnovasi ini, maka jama'ah haji tidak bisa tawaf dari atas masjidil haram terutama bagi jama'ah yang menggunakan kursi roda karena jalur tawaf di atas masjid terputus. Hal ini membuat para jama'ah yang ingin tawaf terkumpul dekat Ka'bah dan berdesak-desakan, guna menghindari hal tersebut pemerintah Saudi Arabia melakukan pemotongan kuota haji tersebut.

Pemerintah Republik Indonesia tetap molobi pemerintah Saudi Arabia agar jumlah kuota haji jama'ah yang berasal dari Indonesia tidak dipotong mengingat banyaknya antusias warga negara Indonesia yang ingin menunaikan rukun islam yang kelima ini. bahkan antrian keberangkatan di indonesia sudah penuh untuk lima tahun kedepan yang artinya bila ingin mendaftar haji sekarang, maka harus menunggu lima tahun lagi untuk keberangkatannya. Terkait renovasi Masjidil Haram pemerintah Republik Indonesia menunda keberangkatan jama'ah haji yang menggunakan kursi roda, maupun yang sudah tua untuk kemaslahatan bersama, dan waktu tawaf dijadwalkan secara bergantian untuk menghindari penumpukan jama'ah pada saat tawaf.

Berikut ane kasih penampakannya gann

















Atap Masjidil Haram yang diperluas akan memiliki landasan helikopter yang akan digunakan untuk transportasi para pasien ke rumah sakit demi menghindari kemacetan, terutama saat Ramadhan dan musim Hajji. Landasan helikopter di Masjidil Haram ini adalah bagian dari proyek perluasan dua Masjid Suci oleh Raja Abdullah.

Proyek perluasan ini mencakup toilet-toilet baru dan jalur jalan untuk troli yang benar-benar terpisah dari jalur para pejalan kaki. Juga termasuk terowongan pejalan kaki yang dilengkapi dengan eskalator dan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk keamanan dan kenyamanan jamaah. Terowongan tersebut akan memfasilitasi gerak jamaah ke dan dari arah halaman utara dan selatan.

Proyek perluasan ini juga meliputi pendingin air minum dan sistem pembuangan limbah yang canggih, di samping sistem pemantauan keamanan, serta fasilitas yang memberikan keteduhan untuk halaman bagian utara.

Sementara itu perluasan besar-besaran Masjid Nabawi diperkirakan akan selesai maksimum dalam jangka waktu dua tahun, hal ini telah ditandatangani oleh Raja Abdullah selaku penanggung jawab dua Masjid Suci tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar