Sabtu, 03 Agustus 2013

16 Persamaan manga One Piece dan Naruto

ane mau share beberapa persamaan manga one piece dan naruto
insya alloh gak akan  soalnya ini hasil pemikiran ane sendiri ..
langsung aja gan =>>

1. impian tokoh utama dan tekad yang kuat dalam mewujudkan tujuan tersebut

tokoh utama memiliki impian yang hampir sama, sejak awal cerita luffy dan naruto telah tegas mengucapnkan impian mereka yang dipegang teguh hingga saat ini sampai impiannya terwujud.
dalam pengucapannya pun hampir mirip .
luffy : impianku adalah menjadi raja bajak laut dan menemukan one piece .
naruto: impianku adalah menjadi hokage yang melebihi hokage sebelumnya .



2. topi dan ikat kepala

luffy mendapakan topi yang menjadi ciri khas nya dari seorang bajak laut hebat shank (yonkou). sedangkan naruto mendapatkan ikat kepalanya dari iruka guru yang sangat ia hormati. 
prosesnya pun cukup sama, ketika itu luffy tenggelam dan dimangsa monster raksasa, lalu shank menolongnya dan mengorbankan tangannya, setelah itu shank langsung memberikan topinya kepada luffy. dan naruto pada saat itu diserang oleh mizuki, lalu iruka berusaha menolongnya dan mengorbankan punggungnya terkena shuriken besar. setelah itu iruka langsung memberikan ikat kepalanya kepada naruto.


3. ayah yang hebat dan disegani banyak orang

luffy dan naruto ternyata memiliki ayah yang hebat dan disegani banyak orang. sejak awal cerita mereka adalah anak yatim, mereka sama sekali tidak tahu siapa orang tua mereka. setelah pertengahan cerita barulah diungkap siapa orang tua mereka. ayah luffy adalah monkey d. dragon sang revolusioner yang ditakuti marine, sedangkan ayah naruto adalah hokage 4 minato yang diakui sebagai ninja tercepat pada zamannya.


4. berbagai macam organisasi/ kumpulan orang-orang hebat

terdapat berbagai macam organisasi dan kumpulan orang-orang hebat dalam manga tersebut.
di one piece ada yonkou, shicibukai dan supernova
di naruto ada 5kage, sichikatana dan akatsuki



5. alternate universe (berlatar didunia masing-masing) bukan bumi

one piece dan naruto berlatar didunia imajinasi sang mangaka masing-masing. sejak terbitnya kedua manga tersebut hingga sekarang, tidak pernah disebutkan kalau dunia yang mereka tinggali adalah bumi (berbentuk bulat).


6. jurus andalan/trademark (meski seiring berjalannya waktu tokoh utama memiliki jurus yang jauh lebih hebat)

luffy dengan gomu gomu nya dan naruto dengan kage bunshin nya.
meskipun seiring berjalannya waktu, mereka terus berlatih dan mendapatkan jurus yang jauh lebih hebat namun kedua jurus tersebut selalu mereka gunakan hingga sekarang.


7. masing-masing punya seorang legenda

di one piece ada seorang legenda yang memulai era bajak laut yang sangat dihormati dan ditakuti yaitu Gol D. Roger sementara di naruto ada Senju Hashirama, hokage pertama dan pencetus sistem desa dalam shinobi. keduanya memiliki rival yang sama hebatnya dan uniknya justru rival mereka yang mampu bertahan hidup. Gol D. Roger dan Sirohige, Hashirama dan Madara.


8. inisial dan klan yang misterius
di one piece ada inisial D, dipakai oleh tokoh utama Monkey D. Luffy dan beberapa tokoh penting lainnya. inisal D ini sangat misterius karena berhubungan dengan sejarah kelam ketika seluruh penyandang nama D dibantai dan hanya menyisakan beberapa orang saja.
naruto ada klan uzumaki. klan yang sangat misterius keberadaanya dibanding klan lainnya, sempat menjadi klan paling ditakuti hingga berbagai klan lainnya menyerang dan sekarang entah pergi kemana sisa klan tersebut.



9. time skip dipertengahan cerita
sama-sama menggunakan time skip dipertengahan cerita, sekitar 2-3 tahun. dimasa time skip ini para tokoh karakter berlatih untuk mengembangkan dan menguasai jurus baru.


10. teman-teman yang setia selalu berjuang bersama
pertemanan dan persahabatan yang sangat erat menjadi ciri khas dalam kedua manga tersebut. mereka rela mengorbankan nyawanya sendiri demi menolong teman mereka. sebenarnya bukan hanya one piece dan naruto saja tapi hampir semua manga jepang selalu memasukan cerita persahabatan yang kuat.

11. arti perdamaian (tidak ada yang benar atau salah)
pada intinya kedua manga tersebut memiliki cerita yang sama yakni bagaimana caranya membuat dunia menjadi damai. semua tokoh mempunya pandangannya masing-masing, tujuan dan cara yang berbeda untuk mewujudkan suatu perdamaian. tidak ada yang bisa dikatakan benar/ salah sepenuhnya. antara word government, bajak laut dan revolusioner atau antara aliansi shinobi dan akatsuki, semua mempunyai tujuan yang sama yakni perdamaian dunia.

12. flashback yang kelam dan mengharukan
banyak sekali flashback yang diceritakan oleh sang mangaka. hampir semua flashback yang diceritakan pasti tentang kesedihan, cerita yang kelam dan mengharukan.


13. selalu menempati ranking 1 di daftar penjualan manga jepang
merupakan teknik dari shuesia untuk menerbitkan one piece dan naruto secara bergantian setiap bulannya. jika bulan sekarang naruto terbit maka one piece tidak terbit tapi bulan berikutnya one piece yang terbit dan begitu seterusnya. hasilnya one piece dan naruto selalu bergantian menempati ranking 1 di daftar penjualan manga jepang.



14. movie yang dirilis tiap tahunnya
setiap tahun selalu dirilis versi movie dari manga tersebut, selain anime yang terus berjalan mengikuti manganya. movie ini bercerita tentang alternate story, jadi punya cerita tersendiri tak ada hubungannya dengan alur cerita di manga.



16. kata mutiara yang selalu disisipkan didalam manga
banyak kaskuser disini khususnya fans one piece dan naruto bilang kalo kata mutiara manga tersebut dikumpulin bisa ngalahin kata mutiaranya golden wey. itu bukanlah candaan belaka, karena memang benar baik one piece maupun naruto selalu menyisipkan kata-kata mutiara didalamnya.






berikut beberapa petikannya

one piece
"ada saat nya seseorang harus berdiri melawan yaitu ketika
impian sahabat nya ditertawakan!!"
[Usopp]

“Adalah tugas seorang pria untuk memaafkan
kebohongan
wanita”
[Sanji]

“Kapan seseorang akan mati? Saat dia terkena tembakan? TIDAK!!... Saat dia terkena penyakit mematikan? TIDAK!!,.. Saat dia meminum sup dari jamur beracun? JUGA TIDAK..
Seseorang akan mati apabila dia telah dilupakan..” [Dr.Hiluluk]
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
naruto
“Shinobi yang melanggar aturan memang disebut sampah, tetapi shinobi yang meninggalkan sahabatnya lebih rendah dari sampah” (Uchiha Obito)

“Shinobi bukan dilihat dari cara hidupnya, tetapi bagaimana ia mati” & “Kehidupan Shinobi dinilai bukan dari bagaimana menjalaninya, tetapi dari apa yang sudah dilakukannya” (Jiraiya)

Menjadi hokage belum tentu semua orang akan mengakui mu, tapi ketika semua orang mengakuimu kau akan menjadi hokage,
jangan lupakan teman teman mu
(Uchiha Itachi)

0 komentar:

Posting Komentar